12/11/14





Daftar Istilah di Dunia Fitness untuk Pemula

Sixpack Magazine, Updated at: 08.57 Google
Ketika Anda hendak berniat melakukan fitness atau pergi ke tempat gym, ada baiknya Anda mengetahui istilah-istilah yang sering muncul di tempat gym untuk menamai sebuah teknik atau bahkan menamai jenis tubuh mana yang akan dilatih.

1. Streching
Artinya "pemanasan". Streching mutlak harus dilakukan agar otot dan sendi kita yang akan dilatih tidak mengalami shock dan menghindari cedera.

2. Repetisi
Jumlah ulangan dalam mengankat beban. Misalkan anda melatih otot perut dengan melakukan sit-up, maka saat anda menghitung (misalnya dari 1 sampai 12) maka anda telah melakukan 12 repetisi, (12 pengulangan).

3. Set.
Set adalah satu grup repetisi, Jika anda melakukan sit-up 12 repetisi terus diselangi istirahat beberapa menit, itu artinya anda telah melakukan 1 set. Jika anda melakukan 12 repetisi lagi, berarti anda telah melakukan sit-up sebanyak 2 set, dan seterusnya.

4. Abs adalah perut. Latihan abs merupakan latihan favorit para gym mania karena memiliki perut yang sixpack merupakan sebuah kebanggaan dan menambah percaya diri. Olehkarena membentuk abs yang six pack dan sexy memerlukan usaha yang gigih dan disiplin tinggi, maka hanya beberapa orang saja yang mampu mencapai impiannya itu.


5. Chest yaitu dada. Mempunyai dada yang bidang bagi seorang lelaki adalah hal yang dilirik banyak wanita, karena dada yang bidang cerminan lelaki yang tangguh.

6. Arms = Lengan. dibagi menjadi bicep dan tricep. Bisep = lengan atas bagian depan. Trisep = lengan atas bagian belakang.

7. Back = Punggung.

8. Legs = Kaki

9. Bodyweight workout adalah latihan yang memanfaatkan beban tubuh sendiri. Latihan ini terbilang praktis karena tidak memerlukan alat beban semisal barbel/ dumble, olehkarena itu bisa dilakukan dirumah, contohnya adalah push-up.
ads



.