10/07/14





Daftar Makanan Untuk Otak Lebih Cerdas

Sixpack Magazine, Updated at: 11.56 Google
Inilah daftar makanan yang sangat penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak manusia. Pepatah mengatakan "segala sesuatu itu harus tahu ilmunya", maka tidak ada salahnya anda mengetahui makanan apa saja yang sangat baik untuk otak Anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak asal makan, tidak asal enak, namun memikirkan pula aspek positif dari makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Oke langsung saja dibawah ini adalah daftar makanan yang bagus agar otak lebih pintar.

1. Kuning Telur
Di negara-negara maju yang rata-rata penduduknya mempunyai kecerdasan lebih, mengkonsumsi telur adalah sesuatu yang penting. Telur selalu menjadi bahan utama menu makanan, ataupun bahan campuran untuk makanan olahan lain. Di Korea, telus sudah menjadi cemilan dimana-mana, mulai dari anak sekolah sampai pegawai kantor selalu membekali dirinya dengan beberapa telur rebus. Alasan ilmiahnya adalah bahwa telur memiliki kombinasi zat besi, vitamin B12, dan iodin yang bermanfaat untuk membawa oksigen dan nutrisi lebih banyak ke Otak. Sehingga Otak teraliri oksigen dengan baik dan itu membantu Anda tetap fokus dan mudah menerima pelajaran bagi anak.

2. Cabe Rawit
cabe rawit cabai
Mungkin anda tidak menyangka bahwa cabe rawit mampu meningkatkan kinerja otak manusia. Jika membicarakan manfaat cabe untuk otak, maka tidak akan terlepas dari pembahasan mengenai senyawa unik "Capsaicin" yang terkandung melimpah dalam cabai rawit. Sebelumnya capsaicin terkenal sebagai obat anti sakit herbal paling efektif. Namun belakangan ini ilmuwan menemukan manfaat lain dari Capsaicin sebagai perangsang otak untuk mengeluarkan hormon endofrin, sejenis hormon yang membuat otak rilex, santai dan tidak tegang, sehingga mengurangi beban berfikir walaupun otak sedang mengolah hal rumit.

3. Ikan Teri
Ikan teri merupakan ikan ajaib untuk otak. Ikan teri mengandung banyak sekali omega-3 dan "lemak tak jenuh ganda" yang membantu melindungi otak Anda dari penuaan dan kehilangan memori. Jadi jika anda sudah banyak lupa dan pikun, ikan teri adalah santapan wajib bagi anda. Jika Anda seorang ibu atau bapak yang mempunyai anak kecil, ada baiknya anda selalu menyertakan menu ikan teri dalam makanan si kecil, minimal seminggu sekali. Buatlah agar hidangan Ikan Teri anda menjadi hidangan favorit buah hati anda hingga dewasa nanti. Hal ini akan bermanfaat pada otak si kecil agar selalu awet muda dan terhindar dari matinya sel otak, dan siap untuk diajak berpikir keras dan menerima segala pelajaran disekolah, hingga bekerja saat dewasa nanti.

4. Cokelat
Coklat merupakan makanan favorit bagi kaum muda dan anak-anak, untuk orang dewasa dan berusia lanjut sebenarnya diwajibkan menghindari coklat yang mengandung banyak gula. Disarankan untuk memilih coklat yang rendah gula. Kekuatan cokelat terletak pada flavonoid yang sangat melimpah. Senyawa flavonoid tersebut mampu merangsang pembentukan sel otak baru dan menambah kemampuan berfikir. Selain itu berbagai study mengatakan bahwa flavonoid mampu meningkatkan sirkulasi oksigen di otak.

5. Buah-buahan dan sayuran berwarna
Semua sayuran dan buah-buahan berwarna rata-rata kaya akan antioksidan dan vitamin penting untuk tubuh, seperti sayuran hijau: bayam, brokoli, kangkung. sayuran berwarna: wortel, umbi bit, cabai merah, tomat, paprika, dll. Buah-buahan berwarna mencolok: bluebery, blackbery, strawberi, jeruk, apel, pomegranate (delima), dll. Antioksidan dan vitamin didalamnya mampu menangkal radikal bebas yang menghambat kinerja mesin otak anda, radikal itu seperti kerikil yang mengganggu rantai sepeda anda. Buat apa jika nutrisi baik dikonsumsi jika mesin anda kinerjanya terhambat, oleh karena itu sayur dan buah sangat penting untuk menyempurnakan kinerja otak anda, sehingga otak anda lebih fokus, sehat, bersih dan siap menerima informasi untuk lebih cerdas.
ads



.