11/06/14





Prinsip-Prinsip Penting Latihan Fitness Untuk Pemula

Sixpack Magazine, Updated at: 05.17 Google
Inilah daftar prinsip-pronsip penting untuk dilakukan oleh seorang pemula yang ingin memulai fitness pertamanya:
  • Prinsip 1: Angkat beban sesuai kemampuan otot kita. Sebagai contoh: Angkat beban yang seringan mungkin atau beban yang anda bisa angkat sampai 15 kali pengulangan atau repetisi (disingkat reps). Jika Anda mengangkat beban sampai 10 reps sudah tidak kuat, maka beban yang anda pakai terlalu berat. Kurangi beban sampai anda benar-benar mencapai angka 15 reps. Setelah anda bisa mencapai 15 reps itu terhitung sebagai "Satu Set". Lakukan hingga tiga set untuk satu jenis otot (misalnya otot dada). Mungkin ada pertanyaan: "kenapa harus 15 reps atau seringan mungkin? bukankah itu tidak cocok untuk bulking (penumbuhan otot)? Jawabannya adalah disini pemula belum masuk program bulking atau apapun, disini pemula dilatih untuk beradaptasi, bukan menumbuhkan otot-otot semata, tapi adaptasi sendi sendi dan jaringan lainnya seperti jaringan ikat yang masih tipis (belum terlatih) - (jaringan ikat: jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang). Jadi pengenalan ini tujuannya adalah bekenalan / adaptasi otot dengan suasana angkat beban, juga adaptasi sendi dan jaringan-jaringan lainnya. Setelah keseluruhan penyokong tersebut sudah terlatih, antara 2 sampai 4 minggu (1 bulan) , nantinya pemula akan memasuki tahap awal sesungguhnya di dunia fitness, apa itu? BACA DISINI.
  • Prinsip 2: Angkat beban dengan posisi/cara yang benar. Ini sangatlah penting! Jika Anda ragu apakah posisi anda benar atau salah, coba tanya pada instruktur anda cara mengangkat beban yang benar. Karena jika salah, ini fatal untuk sendi-sendi tulang anda yang nantinya akan terkikis, atau malah mengalami dislokasi (keseleo), hingga resiko cedera. Lagipula posisi yang salah tidak akan fokus tertuju pada otot tertentu yang ingin kita latih. Jangan malu mengangkat beban kecil tapi posisi benar, daripada mengangkat beban besar dengan posisi salah. Karena sebenarnya jika posisi kita benar, beban akan jauh lebih berat karena otot yang dilatih itu fokus. Dengan posisi yang salah dan cara yang salah, otot yang dilatih juga akan salah, juga akan mendapat bantuan dari otot lainnya sehingga otot yg dilatih tidak fokus pada otot tertentu saja. Mungkin penjelasan ini agak rumit, namun setelah beberapa periode kedepan anda akan bisa merasakan sendiri dan mengambil manfaatnya.
  • Prinsip 3: Jangan melatih otot yang sama dalam 1 minggu. Misalnya hari senin itu melatih otot dada, maka anda bisa melatih otot dada lagi minggu depan. Hal ini diperuntukan untuk membangun jaringan otot dada baru yang memerlukan istirahat. Itu berguna untuk menebalkan otot dan membangun tenaga untuk siap mengangkat beban lebih berat lagi di sesi selanjutnya.
  • Prinsip 4: Fitness atau Gym adalah olahraga termahal di dunia, hal itu terjadi karena setiap hari para fitnesmania membutuhkan nutrisi yang tinggi dan mahal, karena fitness itu tidak dapat dipisahkan dari nutrisi. Jadi siapkan budget anda dengan benar untuk mengalokasikan dana untuk nutrisi terbaik Anda. Tapi jangan khawatir bagi kita-kita yang mempunyai budget terbatas untuk membeli suplement-suplement fitness yang mahal, sebenarnya ada langkah murah untuk melakukan itu semua, bagaimana itu? Anda bisa BACA DISINI.
bench-press
contoh posisi benar (latihan dada / bench press)
ads



.