25/03/14





Superset Training Workout Program Adalah ...

Sixpack Magazine, Updated at: 04.20 Google
Apa itu Superset? Superset adalah metode latihan yang menggabungkan 2 jenis workout atau lebih yang dilakukan tanpa jeda istirahat antar set-nya. Misalnya bench press dengan back squat dilakukan berturut-turut tanpa istirahat atau jeda. Untuk pemula yang ingin mencoba teknik Superset ini dianjurkan hanya 2 jenis workout saja. Karena superset adalah salah satu training paling ekstrim. Untuk yang sudah expert, Superset bisa dilakukan hingga 4 jenis workout atau bahkan lebih.

Superset sangat menguras tenaga. Mungkin untuk jenis workout pertama (misal: bench press) tenaga masih kuat dan enjoy. Tapi setelah set bench press habis, biasanya untuk melakukan jenis lain secara langsung itu susah, perlu nyari udara dulu, atau mengembalikan tenaga lagi. Makanya superset harus dilakukan dengan bimbingan yang benar, karena untuk memaksakan ke jenis workout kedua tanpa jeda itu biasanya tenaga sudah terkuras, dan hal ini bisa menimbulkan cedera. Alangkh baiknya Superset dilakukan dengan tahapan-tahapan beban yang ringan terlebih dahulu dan repetisi yang sedikit saja untuk belajar.

Manfaat Superset secara ilmiah:
Dengan latihan tanpa jeda itu memungkinkan penggunaan tenaga dalam sel dilakukan tanpa oksigen, karena suplai oksigen kurang, sedangkan penggunaan oksigen justru berlebihan. Lebih besar pasak dibanding tiang. Alhasil jalur penggunaan energi akan melalui tahap anaerobik (tanpa oksigen) atau sederhananya fermentasi. Proses tersebut akan menghasilkan asam laktat yang melimpah dalam sel sebagai emisi, atau zat sisa pembakaran tanpa oksigen tadi. Tahu sendiri kan, asam laktat adalah segalanya bagi kaum gym-ers atau Sixpack Mania. Karena asam laktat itu akan memberikan sinyal bagi tubuh, bagian otot mana yang akan ditambal (diperbaiki). Semakin banyak ditambal, disitulah penebalan otot terjadi. Hasilnya, massa otot akan cepat tumbuh.

superset adalah

ads



.