28/03/14





Superfood: Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

Sixpack Magazine, Updated at: 12.54 Google
Sebagian besar orang sering menyepelekan makanan yang satu ini: bubur kacang hijao dicampur ketan hitam. Hal ini wajar, karena kalah gengsi dengan makanan ala barat semisal burger atau pizza. Padahal kandungan gizi dari bubur kacang ijo plus ketan hitam adalah salah satu makanan terbaik di dunia. Hal ini tidak berlebihan mengingat berbagai ilmuwan di dunia telah berhasil mengungkap kandungan gizi makanan khas Indonesia ini. Ini karena bubur kacang ijo dan ketan hitam adalah kombinasi antara dua jenis makanan yang menghasilkan gizi terlengkap, khususnya dari segi protein dan asam amino. Sangat sulit menemukan makanan di dunia yang memiliki asam amino terlengkap, kecuali memang digabungkan dari 3 atau beberapa jenis makanan. Inilah hebatnya bubur kacang ijo ketan hitam, hanya gabungan dari dua jenis makanan saja, namun asam amino-nya justru yang terlengkap. Apa itu asam amino? Lebih jelasnya lihat DISINI.

Jenis kacang-kacangan memang sudah dibuktikan oleh para ahli gizi memiliki kandungan protein yang baik dan biologis, artinya sangat mudah diserap tubuh. Terutama adalah kacang hijau dan kacang kedelai sebagai rajanya gizi di kaum kacang-kacangan. Ingatkah kita semua, jika bayi-bayi yang dibawa ke posyandu suka diberi bubur kacang oleh panitia? itu adalah dalam rangka pemerataan gizi. Kenapa harus bubur kacang ijo? karena dialah makanan yang relatif instan namun mempunyai protein yang kaya dan mudah diserap, bahkan oleh bayi sekalipun.

Jangan makan bubur kacang tanpa ketan hitam! 
Tidak ada gading yang tak retak. Pepatah itu berlaku juga pada si kacang hijau, pasalnya dia tidak mempunyai asam amino yang benar-benar lengkap. Makanya butuh seseorang yang bisa mengisi kekosongan tersebut. Dialah si ketan hitam!

Entah sengaja atau tidak, nenek moyang kita mengawinkan mereka menjadi sebuah hidangan yang bermutu tinggi. Siapa coba yang awalnya membuat bubur kacang ijo plus ketan hitam? Kenapa nggak plus ubi jalar, atau plus jambu biji, atau apapun. Apa jangan-jangan nenek moyang kita adalah ilmuwan terselubung? Karena faktanya para ahli gizi menemukan asam amino tertentu dalam ketan hitam yang tidak dimiliki oleh kacang hijau. Sehingga kalau digabungkan, mereka mempunyai asam amino terlengkap. Si asam amino yang terkandung dalam ketan hitam memang sedikit, tapi jenisnya mampu melengkapi ketiadaan kacang hijau. Bak puzzel yang hilang dan kembali utuh jika keduanya dicampurkan. Oh, so sweet.

Makanya tidak heran jika bubur kacang hijau plus ketan hitam adalah makanan yang disebut para ahli gizi sebagai superfood. Dan Anda-Anda para gym mania, salah besar jika anda melewatkan makanan super asli Indonesia ini.
bubur kacang ijo ketan hitam
bubur kacang ijo ketan hitam baik untuk otot Anda
ads



.