13/03/14





Film Gay Thailand: Beautiful Boxer

Sixpack Magazine, Updated at: 04.27 Google
Film Beautiful Boxer termasuk film terbaik di Thailand karena telah banyak meraih penghargaan. Film ini juga termasuk film multi-genre, yaitu drama, laga dan biografi. Ya, film ini termasuk film biografi karena dibuat berdasarkan kisah nyata dari seorang atlet tinju bebas (Muay Thai), tokoh asal singapura bernama Nong Toom. Namun karena tokoh tersebut erat kaitannya dengan beladiri asli dari Thailand, maka film ini dibuat seutuhnya di Thailand dengan latar negara tersebut.

Film biografi ini berkisah tentang seorang petinju bernama Nong Toom yang diperankan oleh Asanee Suwan, yang macho banget dan manly, namun mempunyai kelainan menyukai sesama pria. Ia menyadari bahwa ia mempunyai bakat homoseksual pada saat beranjak dewasa. Pada saat kecil ia sering diganggu oleh orang lain karena kemiskinan keluarganya, oleh karena itu ia pun mulai mencari guru beladiri untuk membentengi dirinya dari gangguan orang lain.

Alhasil, ia pun menyadari bakat lain dari dirinya, yaitu menjadi seorang kickboxer. Namun walaupun ia menyukai tinju, semakin hari Nong Toom merasa lebih seperti seorang gadis daripada merasa sebagai anak laki-laki. Semakin dewasa bakat homoseksualnya berkembang sama baiknya dengan bakat tinjunya. Ia pun merasa bahwa ia adalah seorang wanita yang terperangkap dalam tubuh pria.

Dengan berbagai konflik batin dan pengaruh lingkungannya, akhirnya ia memutuskan untuk berdandan seperti wanita dengan memakai lipstik dan bedak saat bertinju. Orang-orang menyangka itu adalah lelucon, namun Nong Toom akhirnya terbuka bahwa ada sesuatu dlm dirinya yang ia ingin ekspresikan. Bahkan ia menabung uang dari hasil tinju-nya untuk suatu saat bisa operasi kelamin, dan merubah kelaminnya menjadi wanita.

Cerita ini sungguh penuh dengan intrik dan konflik. Pesan moralnya sangat tinggi, meski dibeberapa scene ada adegan dimana pria melakukan hubungan badan dengan pria lain dengan sedikit vulgar. Film ini berhasil meraih 6 penghargaan bergengsi bertaraf internasional, salah satunya adalah "Milan International Lesbian and Gay Film Festival" sebagai pemenang kategori Film Terbaik. Dan Asanee Suwan terpilih menjadi aktor terbaik di Festifal Film Thailand 2004.

Beautiful Boxer
ads



.