21/03/14





Daftar Makanan Penambah Massa Otot

Sixpack Magazine, Updated at: 05.48 Google
Jika Kamu sedang ingin menaikan berat badan atau masa otot, selain pergi ke gym dan fitness, jangan lewatkan juga beberapa makanan penting ini. Dengan nutrisi tepat dan pola hidup yang baik serta ditunjang dengan olahraga teratur, maka berat badan anda akan cepat naik, tapi bukan sembarangan gemuk, namun berat badan ideal yang selalu diidamkan banyak orang. Ini dia daftar makanannya:

1. Telur
Terserah mau telur ayam, bebek, angsa, burung atau unggas lainnya (yang penting jangan telur kuda :D ). Semua jenis telur hampir mempunyai kandungan protein yang sama dan sangat baik bagi tubuh manusia. Protei telur adalah protein terbaik dari semua sumber protein, bahkan lebih baik daripada protein daging sapi. Itu disebabkan oleh nilai biologis protein telur yang sangat tinggi. Artinya hampir semua protein yang masuk di pencernaan kita, akan diserap habis dan digunakan dengan baik untuk membentuk otot.

2. Kacang-kacangan
Jenis makanan ini sangat familiar, relatif murah dan bisa untuk dijadikan makanan ringan. Tapi tidak semua kacang-kacangan baik dikonsumsi dalam jumlah banyak, seperti kacang tanah misalnya. Kacang tanah memiliki kandungan lemak yang tinggi. Pilihlah kacang yang berprotein tinggi dan rendah lemak seperti kacang hijau. Kacang hijau juga memiliki asam amino yang langka dan sejumlah vitamin.
muscle arms bicep
image credit: muscleprodigy.com
3. Ikan Air Tawar
Kenapa tidak ikan laut? karena ikan laut mempuyai kadar kolesterol yang lumayan tinggi. Sedangkan ikan air tawar kolesterolnya rendah. Daging ikan yang terkenal dapat menaikan massa otot adalah ikan salmon. Salmon mempunyai kadar lemak yang sangat rendah dan protein yang melimpah. Namun jika kekurangan dana untuk membeli ikan salmon, ikan mas sangat cocok untuk penggantinya.

4. Daging Sapi
Daging sapi kan sekarang mahal? Ya, untuk usaha menambah berat badan memang kendalanya ada pada biaya yang cukup mahal. Namun Kamu bisa mensiasatinya dengan mengganti daging sapi dengan telur ayam. Tapi kalau bisa seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali lah mengonsumsi daging sapi, karena kandungan proteinya yang tinggi mampu menaikan berat badan dengan relatif cepat.

5. Buah dan sayur
Eits, jangan remehkan buah dan sayur! Mereka sangat penting bagi kelancaran pencernaan Kamu. Buat apa makan protein, vitamin, dan nutrisi tinggi, jika pencernaan kamu buruk. Buah dan sayuran sangat penting untuk membersihkan usus karena mengandung serat yang tinggi, sehingga penyerapan nutrisi pun jadi maksimal. Selain itu buah dan sayur kaya akan vitamin yang sangat baik dan alami jika dibandingkan obat-obatan suplement.
ads



.