28/03/14





Asam Amino: Dewa-nya Para Gym Mania

Sixpack Magazine, Updated at: 13.35 Google
Apa itu asam amino? Bagi para gym mania, pasti istilah tersebut sudah tidak asing lagi. Asam amino (AA) telah menjadi kebutuhan bagi para gym mania karena fungsinya sebagai komponen sel otot. Saking terlalu menganggapnya sebagai kebutuhan pokok, mereka bisa menganggap asam amino sebagai dewa, bahkan lebih penting dari nasi atau roti sebagai sumber karbohidrat.

Mengapa fenomena tersebut bisa terjadi? Secara biologi, memang agak percuma jika kita nge-gym namun sedikit asupan protein. Karena bagaimanapun jika hasil dari latihan kita ingin terlihat maksimal, protein adalah hal nomor satu yang harus dipikirkan. Kecuali bagi Anda yang hanya sekedar iseng latihan mengisi waktu, makanan alakadarnya pun sah-sah saja. Ini tidak berlaku bagi para gym mania yang ingin terlihat lebih atletis dengan otot tubuh yang indah dan proporsional.

Asam amino adalah komponen pembentuk protein. Ibaratkan protein itu adalah mobil, maka asam amino itu ibaratnya mesin, kaca, ban, besi, knalpot, dll. Asam amino pun dibagi dua, yaitu asam amino esensial dan asam amino non-esensial (sekarang ditambah jenis baru: asam amino semi-esensial). Asam amino esensial itu adalah asam amino yang dibutuhkan oleh mahluk hidup yang tidak dapat diproduksi dalam tubuhnya, jadi perlu dimasukan ke dalam tubuh lewat makanan. Nah asam amino esensial itu terdiri dari: isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.

Lalu apa saja jenis asam amino pembentuk otot?
Dari segi non-esensial, tubuh kita bisa memproduksi sendiri asam amino glutamin. Glutamin sangat berperan penting dalam penyusunan sel otot. Selain itu glutamin berperan penting dalam membuat hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia.

Dari segi asam amino esensial (AA esential), yang paling dibutuhkan dalam pembentukan otot yaitu leusin, isoleusin, dan valine. 3 jenis AA ini mutlak diperlukan dari luar tubuh, karena tubuh manusia tidak bisa memproduksinya. 3 jenis AA ini bisa anda dapatkan dari suplemen BCAA. Gym mania pasti sangat akrab dengan suplemen ini. BCAA diperlukan pada saat latihan beban untuk mengganti protein sel yang rusak atau hilang, bahasa kasarnya BCAA berfungsi sebagai anti-katabolisme otot (mencegah penyusutan otot). Dengan adanya BCAA masuk dalam tubuh, ini memungkinkan Anda tidak kehilangan massa otot saat latihan, bahkan ketika recovery pun BCAA sangat diperlukan untuk menambah bahan baku pertumbuhan sel otot.

Jadi ada dua dewa bagi para gym sejati, yaitu glutamin dan BCAA. Tanmpa itu, suplement apapun akan menjadi hambar dan percuma. Seperti membangun rumah, jika tanpa semen, rumah pun tak akan pernah jadi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda :)
Baca juga, makanan sumber Asam Amino penambah massa otot DISINI

suplemen asam amino
suplemen asam amino
ads



.