27/03/14





3 Hal Penghambat Bertambahnya Massa Otot

Sixpack Magazine, Updated at: 10.46 Google
Anda sedang melakukan program fitness untuk menaikan berat badan atau massa otot? Sebaiknya hindari 3 hal berikut ini:

1. Terlalu lama berlari
Berlari biasanya dilakukan untuk pemanasan sebelum memulai latihan. Namun lari diatas tradmill biasanya menimbulkan mitos tersendiri, yakni: tidak berkeringat berarti tidak maksimal. Sehingga banyak gymers yang terlalu lama berlari diatas trademill sampai tubuhnya terasa panas berkeringat, maka inilah pemanasan yang benar menurutnya. Padahal bagi orang kurus yang ingin menaikan berat badan, terlalu banyak berlari akan menguras kalori / tenaga. Sedangkan pada saat gym, kalori tersebut sangat dibutuhkan, terutama karena orang kurus mempunyai sedikit (bahkan nol) cadangan energi dalam tubuhnya. Sehingga pada saat latihan utama, tubuh mengambil energi dari protein otot. Jadi, bukannya cepat gemuk, malah terjadi sebaliknya.

2. Mengangkat beban dengan lambat
Jangan beri kesempatan oksigen untuk masuk dalam sel ketika angkat beban, olehkarena itu, angkat beban sebaiknya dilakukan secepat mungkin yang kita bisa. Angkat beban yang dilakukan dengan santai akan memberi peluang oksigen untuk masuk dan melakukan aktifitas pembakaran normal. Lho, bukannya itu bagus? Bicara soal gym, kadang-kadang suatu hal bisa terbalik. Tidak membiarkan oksigen masuk saat angkat beban itu akan menimbulkan reaksi pembakaran anaerobik menghasilkan asam laktat. Selain asam laktat, angat beban dengan cepat menimbulkan kerusakan serat otot yang banyak dan itu bagus. Lho, kok bagus? Asam laktat ditambah dengan kerusakan serat otot yang banyak memungkinkan tubuh akan merecovery secara besar-besaran saat kita istirahat. Recovery tersebut berupa penambalan-penambalan serat yang terus menebal. Tubuh akan menyiapkan diri dengan membentuk penebalan serat otot dalam menghadapi tantangan di esok harinya.

3. Teralu asik di zona nyaman
Misalnya bagi pemula bertubuh kurus kalau sudah bisa mengankat beban 50kg buat bench press, rasanya sudah berhasil dan sukses, hingga dia mainya disitu-situ saja tanpa mencoba menamba beban untuk tantangan baru. Mereka berdalih, "tujuan saya bukan jadi bodybuilder kok!". Ini adalah kesalahan pemikiran. Karena sesungguhnya otot pun mempunyai rasa jenuh ketika diberi beban segitu-segitu saja. Alangkah baiknya kita menambah sedikit-demi sedikit beban guna menjauhi zona nyaman yang sudah terlalu memanjakan kita di ruang gym.


ads



.