11/12/13





Perbedaan Record Of The Year & Song Of The Year

Sixpack Magazine, Updated at: 03.24 Google
Dalam ajang penghargaan Grammy Awards ada dua kategori paling bergengsi yang karena hampir mirip, menimbulkan banyak pertanyaan "Apa perbedaan antara Record Of The Year dengan Song Of The Year?".
Sebenarnya ada dua lagi kategori paling bergengsi, yaitu Album Of The Year dan Best New Artist. Namun jika ada musisi yang berhasi meraih 3 piala bergengsi saja (tanpa Best New Artist) maka musisi tersebut bisa dikatakan "menguasai" Grammy, seperti yang telah dilakukan Adele di tahun 2011 lalu.

Kembali ke perbedaan "Record Of The Year" (ROTY) dan "Song Of The Year" (SOTY).
Record Of The Year adalah  penghargaan untuk sebuah lagu hits dari sebuah album. Namun penghargaan ditujukan bukan hanya untuk lagu dan artisnya saja. Melainkan seluruh elemen yang menjadikan sebuah lagu tersebut akhirnya ter-rekam, seperti produser, engineers, mixer, dan semua element yang terlibat dalam "Proses Rekaman".

Sedangkan Song Of The Year adalah penghargaan untuk sebuah lagu hits, penyanyi atau artist, dan penulis lagu tersebut. Kategori ini diberikan untuk sebuah proses kreatif penciptaan lagu, BUKAN proses rekaman atau recordingnya.

Penilaian ROTY akan menjadi semakin kompleks dibanding SOTY. Pertama, lagu tersebut harus menjadi hits dan mendapat sambutan luar biasa, syarat umum kedua kategori. Perbedaan terletak di poin kedua, dimana ROTY dinilai lebih detil tentang kualitas sound yang keluar dari lagu tersebut, misalnya, apakah volume piano di lagu tersebut serasi dan seimbang; Apakah ada kesalahan aransemen chord dan nada satu detik saja; Apakah vokal yang terekam sedikit sember, dan hal-hal lain yang terjadi saat recording, mixing, sampai mastering sehingga komposisi lagu tersebut sempurna.

Penilaian poin ke dua diatas tidak dilakukan pada SOTY. Kategori ini cukup dinilai berdasarkan penciptaan lagu, syair, nada, lirik, dsb. Apakah liriknya sesuai dengan nada, apakah liriknya bermanfaat dan mempunyai pesan moral, apakah nadanya unik dan original, dan lain2.
record song of the year
Record or Song of the Year??
Itulah penjelasan soal perbedaan ROTY dan SOTY di ajang Grammy Awards. Jika Anda mempunyai definisi lain, atau pertanyaan, silahkan berdiskusi dengan kami di kolom komentar.
ads



.